Pages

Monday, October 10, 2011

Tips Menghindari Penipuan Dalam Transaksi Jual-Beli Secara Online

Berikut ini merupakan tips-tips yang wajib kamu baca untuk menghindari penipuan dalam transaksi jual-beli secara online:
  1. Pastikan bahwa kamu mendapat info toko online tersebut dari website tepercaya atau ajak teman kamu yang berpengalaman belanja online untuk bersama-sama menilai toko tersebut. 
  2. Kumpulkan semua data tentang toko online tersebut dan pemiliknya, seperti facebook, twitter, nomor handphone, PIN BB, alamat rumah, atau sekolah. 
  3. Lihat testimoni dari pembeli sebelum kamu, lalu coba kontak pembeli tersebut untuk cross-check. 
  4. Usahakan untuk bertransaksi langsung dengan janji bertemu. Ajak suami atau istri, keluarga, pacar, atau teman untuk menemani kamu. 
  5. Jika kamu harus mentransfer (mungkin karena jauh), upayakan menggunakan rekening bersama (rekber) untuk bertransaksi. Kamu bisa menggunakan KasPay Kaskus, Tokopedia, atau rekber lainnya. 
  6. Apabila kamu terpaksa mentransfer uang kepada penjual secara langsung, gunakan setoran tunai di bank. Hal itu dilakukan untuk meminimalkan kemungkinan nomor rekening kamu diketahui pihak lain. 
  7. Simpan bukti transaksi dengan baik dan buat kopiannya (hardcopy dan digital). 
  8. Simpan semua SMS/e-mail/chatting kamu dengan penjual. Lebih baik lagi bila semua itu di-back up ke komputer. 
  9. Minta penjual menggunakan jasa pengiriman yang bisa dilacak melalui internet. 
  10. Mintalah resi pengiriman agar kamu bisa mengetahui posisi barang kamu. 
  11. Aktif menanyakan barang kamu kepada penjual maupun jasa pengiriman. 
  12. Saat paket datang, tahan sebentar kurirnya dan buka paket kamu. Jika ada yang tidak sesuai dengan pesanan, dokumentasikan, lalu konfirmasikan hal tersebut kepada penjual dan jasa pengirimannya. Cari tahu, apakah kesalahan terletak pada penjual atau jasa pengiriman. 
  13. Apabila kamu puas dengan layanan toko online tersebut, berikan apresiasi dan masukan agar hubungan penjual dan pembeli terjalin dengan baik. 
  14. Bergabunglah dengan komunitas online shop di facebook atau website jual beli online. Update selalu berita terbaru tentang modus2 penipuan dan toko2 online yang bermasalah.
Sah2 saja membeli barang apa saja secara online. Namun untuk barang elektronik, seperti handphone, speaker, laptop, komputer tablet, kamera, dan lain2, lebih baik kamu membeli di toko elektronik dikota kamu. Dengan demikian, kamu tahu barangnya secara langsung. Selain itu mayoritas penipuan online melibatkan barang2 elektonik. Berbagai modus dilakukan penjual online untuk menipu pembeli. Banyak juga toko online yang benar2 tepercaya dan memiliki tujuan baik untuk berbisnis. Karena itu, jangan takut berbelanja online. Asal, kamu tetap waspada dan berhati-hati.

Artikel ini disadur dari tulisan Lila kurnia wardani, griyashanta, malang. pada kolom "Intip Tip-Tip" Jawa Pos edisi senin 10 oktober 2011 dengan beberapa penambahan dan pengurangan seperlunya.

No comments:

Post a Comment

Semoga artikel diatas bermanfaat bagi anda, dan jangan lupa berikan tanggapan anda atas artikel diatas dikolom komentar ini. Mohon maaf bila saya selaku penulis blog ini tidak bisa merespon dengan cepat setiap pertanyaan yang anda tulis dikolom komentar dikarenakan waktu luang yang saya miliki tidak sebanyak dulu saat masih kuliah