Pages

Tuesday, July 12, 2011

Cara menginstal Windows dari USB flash media

* Sebelum membaca tutorial ini, sebaiknya baca dulu artikel "WinSetupFromUSB - Install Windows dari USB flash drive".

Untuk mengistal sistem operasi seperti windows biasanya cara yang kita tempuh yaitu menggunakan CD installer. Cara ini mudah dilakukan tapi mempunyai beberapa kelemahan yang diantaranya dikomputer kita harus ada optical drive dan CD yang digunakan kondisinya harus masih baik dan datanya bisa dibaca sepenuhnya. Namun, seandainya komputer kita tidak ada optical drive-nya seperti netbook tentu kita akan kesulitan untuk menginstal sistem operasi.

WinSetupFromUSB merupakan software yang akan membantu kita untuk menginstal sistem operasi melalui portable device yang menggunakan port USB seperti USB flash media atau USB hard disk. Berikut ini merupakan contoh penggunaan software ini untuk menginstal Windows XP melalui USB flash media (disini WinSetupFromUSB sudah terinstal dan sudah bisa dijalankan):

1. (recommended) Pastikan USB flash media yang akan kita gunakan terformat dengan baik dan dapat dideteksi oleh software ini. Bila tidak, maka USB flash media tersebut tidak akan terdeteksi oleh WinSetupFromUSB sehingga tidak muncul dibagian "USB Disk Selection".


Pada WinSetupFromUSB terdapat fitur RMPrepUSB untuk memformat USB flash media. Untuk menggunakannya, pada bagian FILESYSTEM and OVERRIDES pilih "Boot as HDD" dan pada bagian BOOT OPTIONS pilih "XP bootable" options. Klik "Prepare Drive" untuk memulai proses format (disini akan muncul jendela Command Prompt, jendela ini akan menutup sendiri setelah proses format selesai).



Setelah proses format selesai, klik "Exit" untuk keluar dari jendela RMPrepUSB. Bila proses ini berhasil maka pada "USB Disk Selection" akan muncul profile USB flash media tersebut.


2. Tentukan letak installer windows yang mana didalamnya harus ada folder I386/AMD64 dengan meng-klik "Browse".


(Optional):
-> BartPE/WinBuilder/UBCD4Win/WinFLPC- select the folder, which contains I386 folder.
-> Vista / Windows 7 setup- select the folder with BOOT and SOURCES folders.
-> PartedMagic- where ISO file pmagic-3.X.iso is.
-> SysLinux- select your Linux distro, which boots off SysLinux.


3. Tekan "GO" untuk memulai.


4. Tekan "EXIT" untuk keluar dari aplikasi ini.


Sekarang USB flash media diatas sudah siap digunakan untuk menginstal windows. Untuk menggunakannya, restart Windows terus buka setting bios (biasanya dengan menekan "Delete") dan pada boot option tempatkan USB flash media tadi pada urutan pertama/teratas. Setelah itu save setting dan restart ulang. Bila sukses, maka akan muncul tampilan seperti gambar berikut:


Tunggu beberapa detik atau tekan "Enter" maka kamu akan dibawa masuk ke proses instalasi windows.


Selamat mencoba tutorial ini dan semoga sukses tanpa ada banyak kendala yang membuat pusing kepala.

Referensi
1. MSFN
2. Softpedia

Keywords: install windows, USB flash media, WinSetupFromUSB, tutorial, tips, triks.

1 comment:

Semoga artikel diatas bermanfaat bagi anda, dan jangan lupa berikan tanggapan anda atas artikel diatas dikolom komentar ini. Mohon maaf bila saya selaku penulis blog ini tidak bisa merespon dengan cepat setiap pertanyaan yang anda tulis dikolom komentar dikarenakan waktu luang yang saya miliki tidak sebanyak dulu saat masih kuliah